Translate

Rabu, 21 November 2012

manfaat buah SAWO

Buah sawo ( Manilkara zapota ) diperkirakan berasal dari Yucatan dan sekitarnya di Meksiko bagian selatan. Yang kita tahu, buah sawo dimakan sebagai buah segar. Ternyata di Kepulauan Bahama buah sawo dibuat menjadi sirop, di Florida ada pie sawo, dan di Crescent Place, Trinidad, ada wine (anggur) berbahan baku buah sawo. Konon rasanya sungguh lezat.
buah sawo
Manfaat buah sawo: karena mengandung tanin, buah sawo yang muda bisa direbus dan airnya diminum untuk menghentikan diare. Juga bisa membantu mengatasi gangguan pada paru paru
Air seduhan daun sawo yang sudah agak tua atau semacam teh diminum untuk mengobati batuk, demam, diare dan disentri. Biji buah sawo yang sudah dihancurkan memiliki sifat diuretik (peluruh kencing) serta bisa dijadikan obat tradisional penyakit batu ginjal dan penyakit batu kandung kemih.
Ekstrak biji buah sawo ini dikawasan Yucatan dipakai sebagai penenang atau obat tidur. Biji buah sawo juga bisa dilumatkan dan dioleskan untuk mengatasi gigitan atau sengatan binatang berbisa.
Kandungan zat aktif buah sawo: tanin, gula, asam askorbat, karbohidrat, serat.
Ingat: biji buah sawo mengandung saponin yang bisa menyebabkan sakit perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar